Sunday, August 7, 2011

Menyulap Webcam Menjadi CCTV

Banyak dari kita memiliki webcam namun hanya sekedar digunakan pada aktifitas chat padahal webcam yang biasa anda pakai bisa digunakan sebagai pengganti kamera cctv yang murah meriah
perlengkapan yang dibutuhkan:
VideoSecu 100 Feet Video Power BNC RCA Cable for CCTV Security Cameras 1JE
-PC / laptop atau sejenisnya..VideoSecu 18 Output 12 V DC CCTV Distributed Power Supply Box for Security Camera with lock PWD18 1NK
-webcam pastinya.. (besarnya megapixel tidak masalah yang penting bisa nangkep gambar)
-software motion detection, disini saya pake webcam xp (bisa di download disini)
-rasa penasaran ingin belajar :) ..


VideoSecu Wall Ceiling Mount Bracket for CCTV CCD Box Body Camera 2-6 inch Adjustable Pan Tilt Bracket 1A2
optional:
-koneksi internet
-account email
-account twitter
-sebuah handphone yang bisa buat sms.. 



Setelah anda persiapkan semuanya, dan saya anggap software juga terinstall dengan baik (klo kagak ngerti gimana nginstall nya mending g usah nerusin baca artikel ini)
Oke buka software nya akan terlihat seperti ini



setelah itu klik kanan aja di layar tengah nya pilih PCI / USB (WDM Driver) trus pilih sumbernya yang mana (kalau saya Usb video device) nanti jadi seperti ini


Kalau punya banyak webcam bisa ditambahin aja sampe maksimal 6. Sekarang kita masuk ke bagian Security nya coba klik bagian security nanti akan jadi seperti ini


Setelah itu tinggal kita atur bagaimana software ini bekerja. Yang perlu saya titik beratkan disini kalau ada gerakan maka PC akan meraung-raung. Karena saya mencoba play sound hanya berbunyi kecil, jika anda punya file wav bisa di masukkan pada bagian setting yang ada di bawah, namun karena saya tidak punya akhirnya saya coba pake eksternal application seperti winamp lalu menggunakan parameter yang isinya adalah lokasi lagu yang akan dimainkan menggunakan tanpa kutip. Misal file musiknya ada di My Document > Download > Music maka pada penambahan parameternya ditulis seperti ini
"C:\Documents and Settings\Administrator\My Documents\Downloads\Music\alert.mp3" dan jangan lupa untuk memberikan cheklist pada kolom sebelah kanan (lihat gambar)



jika mau nyoba cara ini saya sarankan untuk membuka winamp dalam keadaan standbye.

Atau ingin merekam aktifitas pada saat mendeteksi gerakan bisa juga diaktifkan pada bagian setting dan kolom sebelah kanan (lihat gambar lagi)
Jangan lupa atur waktu ngerekamnya..



Jika g punya cukup kapasitas di HDD anda cukup take picture aja yakni tinggal pilih save locally dan nanti jika ingin lihat akan tersimpan di C:\Documents and Settings\All Users\Application Data\webcamXP 5\Capture\
VideoSecu 18 Output 12 V DC CCTV Distributed Power Supply Box for Security Camera with lock PWD18 1NKVideoSecu AV Video Audio & Power 100 Feet BNC Cable for CCTV Video Security Surveillance Camera with 2 RCA Male to BNC Female Connectors 3JG
atau tinggal lihat aja di tab Option..
setelah semua setting alert di atur jangan lupa untuk di aktifin



Ok cukup. Selanjutnya adalah bagian optional yang harus didukung dengan perlengkapan optional yang dari awal saya sebutkan. Jika kalian g punya g ada salahnya ngelanjutin baca thread ini..

Kenapa kali ini butuh koneksi internet? ya itu karena saya akan bermain dengan email dan twitter.

Sekarang kita coba dulu untuk pengaturan pengiriman email (lihat gambar)



sengaja saya hapus bagian email saya
disini saya mencoba untuk mengirim dan menerima email dari account saya sendiri. Untuk account lain selain yahoo.co.id silahkan googling karena biasanya beda2 antara smtp server dan port yang digunakan.

setelah itu coba klik send dan tidak berapa lama kemudian akan masuk email dari webcam xp seperti ini



Mungkin anda akan berpikir kan hp saya bukan bb yang bisa push email jadi langsung tau klo ada email masuk, klo begini akan telat jadinya keburu maling nya kabur duluan..

Untuk yang hp nya bisa push mail tidak perlu melakukan step selanjutnya, namun karena TS nya sendiri g bisa ya ada cara lain pastinya.. inilah gunanya account twitter kita. Gunakan twitter anda agar bisa menggunakan hp (silahkan googling caranya). Nah setelah itu buat sebuah account twitter lain untuk keperluan ini sebagai contoh account twitter primary saya adalah @kriptonhaz (yang ini di follow yak) dan saya membuat sebuah account twitter lain dengan id @kriptonhaz2.

Nah yang kedua ini saya melakukan pembatasan jadi hanya saya yang tau dia tweet apa (hampir sama ketika anda menggunakan software tweetmypc). Setelah itu follow by phone jadi apapun yang dia tweet otomatis akan masuk ke handphone kita by sms.

Lalu bagaimana cara menguhubungkannya? Kita gunakan layanan pihak ketiga yakni http://tweetymail.com/ (silahkan daftar dan tutorial penggunaannya ada di webnya)

Jadi untuk settingan email yang akan dikirim coba perhatikan gambar lagi



Dan saya buka twitter saya ternyata sudah ngetweet sendiri seperti ini


Ketika saya klik gambarnya pun akan tampil seperti ini


Dan selang beberapa detik kemudian (sekitar 10-15 detik klo lagi bener ) akan ada sms masuk seperti ini


(maaf gambarnya jelek.. make webcam buat ngambil gambar, isinya sama kok kayak yang di twit nya dan pengirimnya dari 89887)

Kenapa saya tidak menggunakan fitur sms dari bawaannya? karena saya belum menemukan ada provider yang bisa mengirim secara cuma-cuma lewat sms dengan cara seperti ini..

Sebenarnya masih banyak fitur lain yang bisa dimanfaatkan namun karena waktu saya yang terbatas saya cukupkan sampai disini..



Ok sekian. Bagaimana cukup mudah bukan membuat cctv murah meriah? semoga bermanfaat
VideoSecu AV Video Audio & Power 100 Feet BNC Cable for CCTV Video Security Surveillance Camera with 2 RCA Male to BNC Female Connectors 3JGVideoSecu 12V DC CCTV Security Camera Power Supply Adapter with 4 (2.1mm) Channel Connectors Port PW154 1I0
Sumber :
Kaskus - Computer Stuff

No comments:

Post a Comment